Jumat, 11 Mei 2012

makalah java


BAB I
PENDAHULUAN
I.1  Latar Belakang Masalah
Standarisasi yang dilakukan untuk membuat suatu bahasa pemrograman yang  memiliki kebebasan platform atau platform independence. Salah satu teknologi Java adalah  “write once run everywhere”,  sehingga protabilitas Java merupakan suatu kekuatan yang dimiliki Java. Java dijalankan pada sistem operasi apapun tanpa perlu kompilasi ulang program Java yang dibuat. Untuk komunikasi bergerak,  Sun Microsystem mengenalkan  Java 2 Micro Edition (J2ME) yang merupakan salah satu bagian teknologi Java yang digunakan untuk aplikasi Java yang berjalan pada perangkat mobile device dan teknologi aplikasi wireless. J2ME atau Java 2 Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel dewasa ini, mulai dari aplikasi yang berupa permainan sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar seperti aplikasi enterprise. Nama J2ME digunakan sebagai “payung” untuk aneka teknologi java untuk device micro diantaranya adalah Personal Java, Java Card, MIDP, dll.
Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di release tahun 1991 dengan nama kode Oak. Kemudian tahun 1995 nama kode Oak diganti menjadi Java. Yang memotivasi Java dibuat adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Hal ini kemudian Java memiliki konsep yang disebut “write once run everywhere” tersebut.

I.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah mengenai bagaimana menerapkan bentuk if-else-if...else pada program java.

I.3  Pembatasan Masalah
     Dalam makalah ini pembahasan yang dilakukan terbatas pada 1 program yaitu bentuk if-else-if...else tidak membahas semua program yang ada pada Java.

I.4 Tujuan Pembahasan
      Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah:
1.      Sebagai syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Java.
2.      Sebagai bahan pembelajaran mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Dapat memahami, mengerti dan mendalami tentang teknologi Java.

I.5  Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini yaitu:
a.       Referensi
Melakukan studi kepustakaan dengan membaca buku-buku dan mencari informasi dari internet mengenai seputar topik permasalahan yang diambil.
b.      Eksperimen
Pada tahapan ini langsung melakukan percobaan-percobaan atau praktek pemrograman java.
I.6  Sistematika Penulisan
Sistematika penyusunan makalah ini terdiri dari 4 (empat) bab, dengan uraian sebagai berikut:
BAB I             : PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan pembahasan, metode penulisan, sistematika penulisan.
BAB II           : LANDASAN TEORI
Pada bab ini berisi penjelasan singkat mengenai pengantar java.
BAB III         : PEMBAHASAN dan PERANCANGAN
Pada bab ini berisi penjelasan mengenai rancangan pemrograman Java yang dibuat.
BAB IV         : KESIMPULAN dan SARAN
Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dikemukakan dari hasil penulisan yang dilakukan.








BAB II
LANDASAN TEORI
II.1 Pengertian J2ME
Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan subset dari J2SE (Java 2 Standard Edition) yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embeded system dan handhled yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi mengunakan J2SE. Embedded system adalah produk-produk dengan komputer kecil di dalamnya, namun aplikasi yang bisa dimanfaatkan dari peralatan tersebut sangatlah spesifik. Hal ini tentu saja berbeda dengan komputer PC (Personal Computer) yang kita kenal sehari-hari, yang mampu digunakan untuk berbagai aplikasi. Contoh embedded system yang ada misalnya adalah aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan mikroprosesor seperti Televisi, sistem keamanan gedung, dan lain sebagainya. Nama J2ME digunakan sebagai “payung” untuk aneka teknologi Java untuk device micro (di antaranya adalah Personal Java, JavaCard, MIDP, dll).
Menggunakan bahasa Java yang sama, minus fitur tertentu (baik fitur bahasa maupun API) fitur bahasa dan API yang ada dan tidak ada tergantung dari konfigurasi (kemampuan) dan profil (jenis) device.
J2ME sangat berguna untuk membangun suatu aplikasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpanan yang terbatas, serta kemampuan user interface yang terbatas seperti pada perangkat komunikasi bergerak berupa handphone, PDA (Personal Digital Assistant), dan lain sebagainya.
Seperti aplikasi Java umumnya yang menggunakan JVM, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K virtual machine. K Virtual Machine adalah virtual machine yang sangat kecil dalam kebutuhan memorinya. Huruf K dalam K virtual machine adalah singkatan dari kilobyte, untuk menggambarkan betapa virtual machine ini bekerja pada total memori yang sedemikian kecil mulai dari 128 kilobyte hingga maksimal rata-rata sekitar 512 kilobyte.
Dalam J2ME dibagi menjadi dua bagian besar yang dikenal sebagai configuration dan profile. Dua istilah ini sangatlah penting dalam pengembangan aplikasi wireless dengan Java sehingga harus dipahami dengan baik. Sebuah profile dibangun dalam sebuah configuration namun menambahkan beberapa API (Application Program Interface) khusus agar dihasilkan sebuah lingkungan yang lengkap untuk membangun aplikasi. Sedangkan sebuah configuration mendeskripsikan sebuah JVM dan sekumpulan API dasar, dan hal ini tidak cukup untuk membangun sebuah aplikasi yang lengkap. Profile-profile biasanya termasuk API-API untuk aplikasi lifecycle, user inteface, dan penyimpanan secara kontinu. J2ME configuration mendefinisikan lingkungan kerja J2ME runtime. Oleh karena handheld devices memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda, J2ME configuration dirancang untuk menyediakan library standar yang mengimplementasikan fitur standar dari handheld devices.
Bila J2ME configuration menyediakan library Java untuk implementasi fitur-fitur standar dari sebuah handheld devices maka J2ME profile menyediakan implementasi tambahan yang sangat spesifik untuk sebuah handheld devices. MIDP menyediakan library-library Java untuk implementasi dasar interface (GUI) Graphical User Interface, implementasi networking, database, dan timer.


II.2   Karakter Java
Sintaks Java merupakan pengembangan dari bahasa C/C++. Berikut adalah beberapa hal tentang pemrograman Java:
1.      Bersifat protable dan platform independent. Program Java yang telah ditulis akan dapat dieksekusi di mesin apapun dan sistem operasi apapun tanpa harus mengubah sedikitpun dari program tersebut.
2.      Memiliki garbage collection  yang dapat mendealokasikan memori secara otomatis.
3.      Menghilangkan sifat pewarisan berganda yang terdapat pafa C++.
4.      Mengurangi pointer aritmetika. Pengaksesan lokasi memori secara langsung dengan menggunakan pointer memungkinakn program untuk melakukan suatu tindakan yang tidak seharusnya atau tidak boleh dilakukan. Untuk mengurangi kemungkinan kesalahan seperti ini penggunaan pointer pada Java telah dibatasi dengan menggunakan reference.
5.      Memiliki array sejati.
6.      Mengurangi kerancuan antara pemberian nilai pada statement conditional.

II.2.1  Selain itu Java Memiliki Karakteristik:
1.      Berorientasi Objek
2.      Robust (Handal)
3.      Portable
4.      Multithreading
5.      Dinamis
6.      Sederhana
7.      Tredistribusi
8.      Aman
9.      Netral secara arsitektur
10.  Interpreter
11.  Berkinerja tinggi
12.  Free / bebas licence

II.3   Aturan Dasar Java
Aturan dasar dari penggunaan sintaks bahasa Java:
v  Java bersifat case-sensitive.
v  Secara umum Java mengabaikan spasi kosong (karakter yang tidak muncul pada layar, misalnya kosong, tab, baris baru).
v  Brace {} adalah simbol pengelompokkan dalam Java yang menandai awal dan akhir bagian suatu program.
v  Setiap pernyataan Java diakhiri dengan simbol ; .
v  Simbol // membuat sebuah baris komentar, simbol /* ... */ membatasi bagian awal dan akhir suatu komentar.
v  Komentar javadoc khusus digunakan untuk men-generate dokumentasi HTML untuk program Java, dapat menciptakan komentar javadoc dengan memulai baris dengan /** dan mengakhirinya dengan */ .
v  Java memiliki beberapa kata yang dicadangkan dan tidak bisa digunakan dalam ekspresi biasa. Kata-kata tersebut disebut keyword.
v  Kelas pertama dalam sebuah program Java (disebut kelas pengendali) harus memiliki nama yang sama dengan file dimana ia disimpan.

II.4   Alir Kontrol
Seperti bahasa pemrograman lain, Java memiliki alir kontrol yang ditentukan dengan statement seleksi dan perulangan (looping). Suatu blok atau sekumpulan statement ditandai dengan sepasang kurung {}. Blok dapat bersarang dalam blok yang lain. Suatu variabel yang didefinisikan dalam suatu blok bersifat lokal.

II.4.1   Contoh Penyeleksian Kondisi Statement if
a)      Bentuk Sederhana: if (kondisi) statement ;
b)     Bentuk if-else: if (kondisi) statement;  else statement;
Jika kondisi yang diseleksi bernilai benar maka statement yang mengikutinya akan diproses dan bila kondisi bernilai salah maka statement setelah else yang akan diproses.
c)      Bentuk if-else-if...else
if (kondisi1)
     statement;
else if (kondisi2)
           statement;
............................
else
         statement;




















BAB III
PEMBAHASAN dan PERANCANGAN
III.1 Persiapan
III.1.1 Peralatan yang Diperlukan:
1.      Java Development Kit versi 1.6 keatas.
2.      Java Runtime Environtment versi 1.6 keatas.
3.      NetBeans IDE versi 6.9 keatas.

III.1.2 Java Development Kit
Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode Java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh Java Runtime Environtment. JDK wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Java. Namun JDK tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java.

III.1.3 Java Runtime Environtment
Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java.

III.1.4 NetBeans IDE
Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang lain misalnya berbasis Java Standard Edition, Java Enterprise Edition dll.



III.2 Contoh Program
         Bentuk if-else-if...else
if (kondisi1)
     statement;
else if (kondisi2)
           statement;
............................
else
         statement;

Contoh :
int menu = 2;
if (menu==1)
    System.out.println(“menu anda nasi goreng”);
else if (menu==2)
           System.out.println(“menu anda nasi uduk”);
else
        System.out.println(“tidak ada menu”);
Out : menu anda nasi uduk








III.3 Gambaran Program

Setelah program di atas dijalankan, maka statement yang dihasilkan adalah sebagai berikut:




BAB IV
KESIMPULAN dan SARAN
Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. J2ME atau Java Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel dewasa ini, mulai dari aplikasi yang berupa permainan sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar seperti aplikasi enterprise. Nama J2ME digunakan sebagai “payung” untuk aneka teknologi java untuk device micro diantaranya adalah Personal Java, Java Card, MIDP, dll.

Membuat Aplikasi J2ME tidak memerlukan banyak software yang rumit atau besar, salah satu software tang pasti diperlukan adalah J2SE, JDK, NetBeansIDE. Jadi untuk membuat program J2ME maka pihak developer tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk memebeli software IDE karena dapat di download gratis di website.











DAFTAR PUSTAKA
http://www.te.ugm.ac.id/~selo/penelitian/aplikasihp.htm
http://student.eepisits.edu/~onishuya/data/materiPJJ5/J2me/J2ME%20bag%201.pdf
http://kur2003.if.itb.ac.id/file/IF2281_J2ME-MIDP.pdf
http://www.ilmukomputer.com








     












Tidak ada komentar:

Posting Komentar